Rabu, 28 Agustus 2013

Sariawan Saat Menjelang Menstruasi?

Jika Anda termasuk ke dalam kategori wanita yang sering mengalami sariawan saat mendekati siklus haid, tak perlu khawatir, hal itu wajar terjadi. Memang kasus ini jarang terjadi, namun ada sebagian kecil perempuan yang mengalaminya. 

Menurut penelitian yang tercantum di dalam beberapa jurnal kedokteran dan kedokteran gigi, sebagian kecil perempuan memang memiliki riwayat sariawan pada periode menstruasi atau sebelum menstruasi.


Munculnya sariawan pada saat atau sebelum menstruasi, disebabkan oleh adanya perubahan hormon progesteron dan estrogen yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh masing-masing individu. Kondisi psikologis misalnya stres, juga dapat mempengaruhi munculnya sariawan secara berulang. 

Sariawan yang berulang tersebut dapat sembuh spontan dalam 10-14 hari. Namun, jika ada gejala-gejala akut atau kambuh, maka dapat dilakukan pengobatan dengan anestesi topikal (obat baal yang dioles), bahan koagulasi, atau steroid topikal. Anda juga dapat memperbanyak konsumsi vitamin B12 dan zat besi seperti sayur-sayuran. 

Meminimalisasi stres juga dapat membantu proses penyembuhan sariawan dan mencegahnya datang kembali.


Jagalah kesehatan untuk kenyamanan. Semoga artikel ini bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Artikel